ANRI Berdayakan : Perusahaan Swasta Penyedia Jasa Kearsipan

Penandatangan Piagam Ampera disaksikan Langsung oleh Bapak Imam Gunarto selaku Kepala  ANRI
Foto Bersama Para Deklarator Forum Komunikasi Lembaga Jasa Teknis Kearsipan Indonesia bersama Kepala ANRI
Kepala ANRI, Bapak Imam Gunarto Memberikan Pengarahan Kepada Seluru Peserta Workshop Kemitraan Lembaga Jasa Teknis Kearsipan
Diskusi Panel Workshop Kemitraan Lembaga Jasa Teknis Kearsipan

Jakarta, 01/04/2022 - Sehubungan dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) sesuai dengan amanat UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Lembaga Pembina Kearsipan Nasional berkepentingan untuk menjamin keselamatan Arsip yang akan ditinggalkan oleh Kementerian/Lembaga ke Ibu Kota Negara (IKN) baru guna menjamin akuntabilitas dan pertanggung jawaban Nasional. Guna mewujudkan program Nasional di bidang penyelamatan Kearsipan, ANRI mendorong pengembangan Kemitraan dengan para Stakeholder yang bergerak di bidang penyedia Jasa Kearsipan dalam rangka menjamin Pengelolaan Arsip secara tertib sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan di bidang Kearsipan.

Pada tanggal 01, April 2022 ANRI mengundang Perusahaan/Lembaga Jasa Kearsipan dalam acara Workshop Kemitraan dan Layanan Jasa Kearsipan dengan tema “Melalui Kemitraan Kita Tingkatkan Kualitas Layanan Jasa Keasripan untuk Penyelamatan Arsip dan Memori Kolektif Bangsa”. Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatangan Piagam Komitmen bersama pembentukan Forum Komunikasi Lembaga Jasa Teknis Kearsipan Indonesia oleh perwakilan Perusahaan/Lembaga Jasa Kearsipan terakreditasi yang disaksikan secara langsung oleh Imam Gunarto selaku Kepala ANRI. Hal ini dimaksudkan agar terbentuknya wadah resmi bagi seluruh Perusahaan/Lembaga Jasa Kearsipan untuk bersama-sama pemerintah melakukan penguatan, penjaminan mutu kualitas layanan jasa kearsipan yang sesuai dengan dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Akselerasi ini perlu didukung dan diwujudkan melalui sinergitas yang kuat antara ANRI sebagai Lembaga Pembina Kearsipan, dan sebagai Perusahaan/Lembaga Penyelenggara Jasa Kearsipan sehingga kerja sama dapat berjalan dengan lancar dan baik. Hasil kerja sama ini, diharapkan bisa memberikan dukungan kinerja yang lebih baik untuk ANRI dan Perusahaan/Lembaga Penyelenggara Jasa Kearsipan.

Share this Post: